Diet Itu Perlu Nggak sih?

Di goreskan oleh Yunna , Jumat, 10 Desember 2010 11.58

Diet.
Itu adalah hal yang sudah hampir sebulan ini terus dikoarkan oleh Farah, temanku. Dia berulang kali mengeluh tentang berat badannya. Katanya perutnya gendutlah, pahanya besarlah...
Dan masih banyak lagi jenis keluhan yang berhubungan dengan berat badan. Bahkan Farah juga sampai membeli obat pengurus badan demi obesesinya itu. Ya ampun...

Aku sendiri bukan tipe orang yang peduli dengan berat badan. Yah, peduli sih... Tapi tak sampai seekstreem itu. Kata-kata 'Diet' sudah lama lenyap dari kamusku. Aku sekarang mencoba menerima diriku apa adanya. Gendut maupun kurus itu permberian yang di Atas, yang bisa kita lakukan cuma menerima dan bersyukur atas karuniaNya.

Tapi untungnya, aku ini juga bukan tipe orang yang gampang gendut. Mau makan sampai sebanyak apapun beratku tak pernah naik. Berat badanpun stabil di angka 48-49 kg. Kalaupun tiba-tiba beratku melonjak sampai di atas 50 kg, itu tak akan lama. Dalam waktu kurang dari seminggu biasanya beratku akan segera kembali ke angka normalnya.

Ini adalah hal yang sangat menggembirakan untuk ukuran cewek yang sangat suka makan sepertiku.

Temanku, A, dia sampai terheran-heran saat pertama kali melihat porsi makanku. Soalnya, waktu aku bilang kalau aku bisa makan sampai 5 kali sehari dia cuma tertawa dan tidak percaya.

Katanya, aku cewek pertama yang ditemuinya yang tidak peduli dengan porsi makan yang masuk ke perut. Dia juga sampai hafal kalau selesai kuliah aku pasti akan mengeluh lapar dan langsung bergerilya mencari pengisi perut.

Dan tiap kali tak sengaja bertemu di tempat makan, dia masih saja terheran-heran saat melihatku makan. Pernah dia bertanya padaku,

"Hebat ya, kamu makan banyak banget tapi nggak gendut. Pake apa tuh?"

Dan dia sama sekali tak percaya saat aku bilang kalau aku sama sekali tak pernah melakukan yang namannya diet.

Kadang terpikir juga sih ingin diet. Tapi kalau ingat aku sering tidak bisa menahan lapar niat itu langsung kubatalkan. Mengingat juga kalau beratku sebenarnya sudah masuk kategori ideal.
Dan A pernah berkomentar saat aku cerita soal diet padanya.

"Cowok itu lebih suka sama cewek yang mau tampil apa adanya. Ga usah pake diet mati-matian atau dandan tebel-tebel. Gak semua cowok liat cewek cuma dari fisik. Kamu juga, jangan pernah kepikiran buat diet. Kamu nggak butuh..."

Yah... menghargai badan sendiri tak ada salahnya kan?
Belajar menerima kekurangan seperti menerima ke;ebihan yang kita miliki itu penting. Karena dengan itu kita jadi bisa membuat diri kita percaya diri seutuhnya.





Catatan Yunna:
Diet itu sesungguhnya nggak perlu. Kalau ingin kurus tinggan kontrol aja semua jenis makanan yang masuk.
Sebagai cewek kita pasti ingin cantik, tapi ada satu hal yang perlu di ingat. Gak perlu harus kurus untuk jadi cantik....


Picture taken from here

13 Response to "Diet Itu Perlu Nggak sih?"

aciid !!!!!! Says:

klo q seh tergantung kbutuhan :D
tpi klo q mah diet malah tinggal ulang doank :D
jdi terima aj apa yg udah dberikan ma tuhan

Wawank Says:

Gak usah diet, atur pola makan yg sehat aja..!

Salam kenal ya..!

Rahman Raden El Egypt Says:

diet perlu juga, bagian gaya hidup sehat masyrakat modern. tapi suer diet tu lebuh sulit dari MTK

biskut Says:

harus diet andai terasa udah obes..ya,mengawal pemakanan itu juga perlu untuk kesihatan.

Gaphe Says:

untunglah saya nggak kenal diet-dietan.. makan berapapun banyaknya tetep aja badan saya segini-segini aja

Newsoul Says:

Buat kesehatan, perlu jugalah mengatu pola makan. Selamat pagi juga Yunna.

Sang Cerpenis bercerita Says:

tul, gak perlu diet yg penting jgn makan sembarangan. tapi ada saatnya kita menjadi lebih gemuk. biasanya setelah usia 30 ke atas. pasti tambah gemuk.

catatan kecilku Says:

Aku tuh susah utk ngurusin badan... meskipun makan udah diirit-irit.. tetap aja tak bisa turun. :(
Padahal ada temanku yg dg mudahnya nurunin berat badannya.

the others.... Says:

Wah.., bikin iri aja deh. Makan banyak tapi gak bisa gendut ? Mau banget itu...
Andai aku juga bisa begitu... hiks..

ikkyu_san Says:

bener kata Fanny, di atas 30 pasti akan menjadi gemuk kalau tidak dikontrol....

Meskipun gemuk aku merasa aku lebih fit dibanding dulu wkt muda hahahaha

salam kenal yah
terima kasih sudah berkunjung ke TE

EM

Itik Bali Says:

Perlu ah mba diet tuh
kan diet artinya pengaturan pola makan..
ngga enak lho rasanya ndut itu
bukan ngga enak dipandang, tapi juga ngga enak terhadap kesehatan dan kepercayaan diri..

Suara Terbaru Says:

terima kaih atas info yg anda berikan...
salam kenal..

Samsung Galaxy V Says:

Kalau saya sih, Kalau laper ya makan, klo gak laper ya gak makan mbak.... tetep kurus ko.. udah dr sononya, malah pengen gendut ini...